Selasa, 13 April 2010

tip-tip safety riding .....



Membonceng Penumpang vs Barang

Anda diharapkan untuk tidak memboncengi orrang lain ataupun mengangkut barang bila anda bukan seorang pengendara motor yang berpegalaman. Bila seseorang memboncengi penumpang atau mengangkut barang pada 12 bulan pertama setelah orang tersebut mendapat izin mengemudi, maka hal ini dianggap ilegal. Resiko kecelakaan akan meningkat secara signifikan jika anda menboncengi penumpang.
Berat dari seorang penumpang atau barang yang diangkut dapat merubah kemampuan sepeda motor. Hal ini mengubah keseimbangan motor tersebut, saat berbelok, saat meningkatkan kecepatan atau menurunkan kecepatan.
Bab ini berisi tentang petunjuk bagaimanacara membonceng atau mengangkut






  • Penumpang






  • Barang
PENUMPANG
Untuk dapat membongcengi penumpang anda membutuhkan disain tempat duduk yang sesuai baik untuk anda dan orang yang akan duduk di belakang anda sehingga tidak saling mendesak. Anda tidak boleh duduk lebih maju ke depan daripada biasanya bila tidak memboncengi penumpang. Orang yang duduk di belakang anda juga diwajibkan untuk memakai perlengkapan yang aman dan dapat melindunginya.
Memberi instruksi bagi Penumpang
Orang yang anda boncengi dapat mempengaruhi keselamatan anda dan keamanan anda berkendara. Oleh karena itu beri instruksi yangjelas sebelum anda mulai berkendara.
Penumpang harus :
Duduk senyaman mungkin tanap mengganggu pengendara motor.






  • Berpegangan erat pada pinggang,pinggul atau pegangan tangan yang tersedia bagi penumpang dengan erat.






  • Tetap tumpukan kedua kaki pada pijakan kaki yang tersedia walaupun kendaraan sedang berhenti.






  • Duduk sejajar dengan anda, ikut membungkuk bila anda membungkuk.






  • Hindari pergerakan tau pembicaraan yang tidak penting.
Berkendara dengan Penumpang
Sebelum anda berkendara denga penumpang anda harus memerika kondisi motor anda.






  • Periksalah bila anda perlu menambah angin pad ban anda. Hal ini mungkin penting mengingat akan adanya tambahan berat.






  • Mintalah penumpang untuk duduk di belakang anda saat anda memeriksa kaca spion.






  • Peringati penumpang anda saat anda sebelum mulai berjalan.






  • Berbicaralah secukupnya. Saat berbicara, anda harus menoleh ke belakang agar dapat terdengar dan hal ini dapat membahayakan keselamantan. Anda hanya perlu berbicara bila ingin memperingati.






  • Akhirnya, ingatlah bahwa saat membocengi penumpang laju motor anda akan melambat. Begitu juga bila ingin berbelok, semakin berat penumpang anda atau semakin ringan sepeda motor anda maka akan semalin memperlambat lajunya.
Saat kondisi motor anda berbeda karena lebih berat dan lebih pelan, anda harus memberi jarak yang lebih jauh dengan kendaraan lainnya sehingga memungkinkan anda untuk menyebrangi jalan, atau bergabung dengan kendaraan-kendaraan lainnya di jalan.
BARANG
Sepeda motor tidak di disain untuk emngangkut barang yang terlalu besar,walaupun dapatmengangukut barang yang cukup besar jika diletakkan dan diikat dengan baik. Perhatikan anjuran untuk mengangkut barang. Anda harus :






  • Bawa barang yang tidak tinggi – taruhlah barang pada tempat duduk belakang tau letakkan barang tersebut di sisi motor (agar tidak mengganggu penglihatan anda).






  • Taruh barang pada posisi ke maju,






  • Letakkan barang secara seimbang – jika anda akan membawa barang pada sisi sepeda motor, pastikan bahwa masing-masing sisi mempunyai berat yang sama. Jika tidak seimbang, akan membahayakan anda. Usahakan untuk tidak mengangkut barang yang terlalu berat.






  • Pastikan barang tersebut aman – ikatkan barang tersebut dengan menggunakan tali seret mungkin. Jika tali tersebut terlepas, maka bisa tersangkut di ban atau rantai. Hal ini dapat menyebabkan sepeda motor berhenti secara mendadak dan kemudian terjatuh.






  • Periksa barang tersebut – setiap kali anda berhenti jangan lupa untuk memeriksa kondisi barang tersebut. Pastikan barang tersebut tidak bergerak atau terlepas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan menambahkan komentar anda!!!!

About me

Foto saya
bengkulu, bengkulu, Indonesia
Himafi fkip unib, adalah organisasi naungan kami himpunan mahasiswa fisika fakultas pendidikan. kami disini ada untuk membagikan ilmu dan hal-hal tentang himafi ini.so.. yucan read it and enjoy it...